Hello world!
10/10/2018
Jual Softlens Murah Jakarta – 085219727972
08/10/2019

Kelebihan dan Kekurangan Kacamata vs Softlens

Pada dasarnya softlens dan kacamata memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat bantu penglihatan bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan seperti minus, plus dan silinder. Yang membedakan antara keduanya adalah cara penggunaan dan perawatannya. Softlens atau yang juga dikenal dengan sebutan lensa kontak ini digunakan dengan cara memasangkannya langsung pada bola mata, tepatnya pada bagian permukaan kornea mata. Sementara penggunaan kacamata dengan cara menggantungkannya pada kedua telinga dan tulang hidung.

Saat ini, tidak sedikit penderita gangguan mata yang dulunya menggunakan kacamata beralih ke softlens. Namun ada pula yang memutuskan untuk tetap menggunakan kacamata dengan alasan-alasan tertentu. Nah sebelum memutuskan untuk memilih dari kedua alat bantu penglihatan ini, ada baiknya Toppers mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing terlebih dahulu.

A. KACAMATA

Kelebihan:

1. Membuat wajah lebih berkarakter

Frame kacamata yang kini tersedia dengan berbagai bentuk, mulai dari bulat, oval, kotak hingga cat eye, akan membantu untuk menciptakan kesan tegas dan berkarakter pada wajah orang yang menggunakannya. Namun dalam pemilihan bentuk frame kacamata, kamu harus menyesuaikannya dengan bentuk wajah kamu agar tampak sesuai saat kamu gunakan.

 

 

 

 

 

2. Lebih mudah dipakai dan dilepaskan

Salah satu kelebihan dari kacamata yang tidak dimiliki oleh softlens adalah kemudahan dalam memakai dan melepaskannya. Saat kamu mulai merasa lelah atau tidak nyaman dengan kacamata yang digunakan, kamu bisa melepaskannya dimana pun kamu berada. Selain itu, proses pembersihannya pun tidak memerlukan cara yang rumit. Jika hanya debu biasa, cukup membersihkan lensanya dengan menggunakan kain bersih.

 

 

 

3. Melindungi mata dari debu

Dengan lensa yang menutupi seluruh bagian mata, kacamata dapat sekaligus berperan sebagai pelindung mata dari debu, polusi dan sinar matahari yang dapat menyebabkan iritasi dan gangguan mata lainnya. Selain itu, penggunaan kacamata di ruangan ber-AC juga dapat menghindari mata dari kekeringan yang disebabkan oleh suhu yang dingin.

4. Tidak menimbulkan iritasi mata

Karena tidak menempel langsung pada bola mata seperti softlens, penggunaan kacamata juga dapat meminimalisir resiko terjadinya infeksi dan iritasi pada mata.  Selain itu, kacamata

 

 

 

 

Kekurangan:

1. Kurang nyaman

Penggunaan kacamata akan menimbulkan efek kurang nyaman bagi penggunanya. Hal ini karena kacamata yang mengganjal pada kedua telinga dan hidung akan membuat Toppers yang menggunakannya seperti merasa ada benda asing yang menempel pada wajah Toppers.

 

 

 

 

2. Mudah pecah
Kacamata yang berbahan kaca rentan pecah ketika jatuh. Hal tersebut kemudian menyebabkan Toppers harus ekstra hati-hati saat menggunakannya. Nah untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kacamata yang terbuat dari bahan mika yang tidak mudah pecah saat terjatuh.

3. Sering berembun dan terkena keringat

Pada saat berada di lingkungan yang panas, kacamata rentan terkena keringat dan berembun. Hal tersebut dapat menyebabkan terbatasnya pandangan Toppers yang menggunakannya.

 

 

 

 

 

B. SOFTLENS

Kelebihan:

1. Lebih nyaman

Karena digunakan pada bagian dalam mata, tepatnya pada permukaan kornea, maka Toppers tidak akan merasa risih dengan tidak adanya benda asing yang mengganjal pada bagian wajah seperti penggunaan kacamata.

 

 

 

 

2. Pengguna lebih percaya diri

Softlens yang kini tersedia dengan berbagai pilihan warna dan dengan berbagai ukuran diameter, dapat memberikan kesan indah dan lebih bulat pada mata. Hal ini tentunya akan membuat Toppers lebih merasa percaya diri untuk tampil di depan umum.

 

 

 

 

3. Lebih bebas beraktivitas

Memakai kacamata dapat menjadi penghambat Toppers dalam beraktivitas terutama saat melakukan aktivitas dengan mobilitas tinggi seperti berolahraga. Nah softlens dapat menjadi solusi bagi Toppers yang sering melakukan aktivitas di luar rumah dan yang memiliki mobilitas tinggi. Tapi jangan lupa selalu bawa peralatan softlens kemana pun kamu pergi supaya saat merasa tidak nyaman dengan softlens yang kamu gunakan, kamu bisa melepaskannya atau meneteskan cairan tetes mata khusus.

4. Penglihatan lebih baik

Karena hampir tidak ada jarak antara mata dengan lensa, maka kemampuan mata untuk melihat pun semakin baik dan tajam. Di samping itu, sudut penglihatan pun semakin lebar karena lensa softlens yang menjadi alat bantu penglihatan, menempel langsung pada mata.

Kekurangan:

1. Butuh perawatan ekstra

Berbeda dengan kacamata yang cenderung mudah dalam perawatannya, softlens membutuhkan perawatan yang ekstra dan lebih sulit. Jika salah dalam merawat dan membersihkannya, softlens dapat menjadi sarang berkembangnya virus dan kuman yang dapat mengganggu kesehatan mata.

 

 

 

 

2. Dapat menyebabkan iritasi mata

Jika digunakan dalam waktu yang lama dan salah dalam membersihkannya, softlens yang seharusnya menjadi alat bantu penglihatan, justru dapat menjadi sumber gangguan mata lainnya yang lebih serius.

3. Memiliki resiko koyak di dalam mata

Koyaknya softlens di dalam mata merupakan salah satu bahaya dari penggunaan softlens jika tidak digunakan secara benar, misalnya tidak dilepaskan ketika tidur dan tidak menggunakan tetas mata khusus softlens. Saat tidur, softlens dapat berpindah-pindah di dalam mata yang bisa menyebabkan softlens koyak atau pecah di dalam mata dan melukai mata. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk melepaskan softlens sebelum tidur dan melakukan aktivitas di air, seperti mandi dan berenang. Selain itu, sebelum melepaskan softlens, ingatlah untuk selalu meneteskan obat tetes mata khusus softlens agar softlens tidak dalam keadaan mengering saat dilepaskan.

4. Membuat mata kekurangan oksigen

Penggunaan softlens terlalu lama akan membuat mata menjadi kering dan kekurangan oksigen. Hal ini akhirnya dapat berakibat pada gangguan mata seperti edema kornea, infeksi, iritasi, hingga gangguan mata yang serius seperti kista mata.

5. Sulit untuk beradaptasi

Untuk pengguna baru yang sudah terbiasa menggunakan kacamata, pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi saat berpindah ke softlens. Pengguna pemula harus belajar mengenai cara memakai softlens, cara perawatan yang baik dan benar, hingga membiasakan mata dengan lensa kontak tersebut.

Nah bagaimana Sahabat, sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan dari kedua alat bantu penglihatan tersebut? Sebenarnya penggunaan softlens dan kacamata harus secara berdampingan. Bagi kamu yang memiliki gangguan penglihatan, akan lebih baik jika kamu memiliki kedua alat bantu penglihatan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menyesuaikan penggunaan keduanya dengan kebutuhan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!